Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Sukapura 3

Lestari, Ayu (2019) Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Sukapura 3. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
4. BAB I_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
5. BAB II_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
6. BAB III_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
7. BAB IV_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
8. BAB V_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190011_15416286206132_Ayu Lestari.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri Sukapura 3. Jenis penelitian adalah Eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest Posttest Control Group Desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Sukapura 3. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SD Negeri Sukapura 3 yang berjumlah 40 orang siswa, dimana kelas IV A berjumlah 20 orang siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV B berjumlah 20 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar IPA dengan meggunakan empat indikator, yaitu Pengetahuan, Pemahaman, Penerapan, dan Analisis adalah dengan menggunakan tes tulis hasil belajar. Tes ini terdiri dari tes awal (pretest) dan tes pasca tindakan (posttest). Hasil penelitian meunjukan Pretest nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 68,45 dan kelas kontrol sebesar 32,85. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT), hasil analisis data pada Postest kelas eksperimen dengan rata-rata 87,95 dan nilai kelas kontrol dengan rata-rata 54,85. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,000. Karena nilai signifikan 0,000 < α = 0.05, maka H0 diterima, artinya hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan siswa kelas IV dengan kelas tidak menggunakan Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Sukapura 3 tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Coopertive Learning Tipe Number Head Together (NHT),
Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:42
Last Modified: 09 Dec 2024 09:42
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item
View Item