Hernawati, Heni (2019) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 1. File Judul_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (647kB)
![2. File Abstrak_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (606kB)
![4. BAB_I_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (594kB)
![5. BAB_II_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (705kB)
![6. BAB_III_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (708kB)
![7. BAB_IV_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB)
![8. BAB_V_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (573kB)
![9. Daftar Pustaka_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_190009_15416286206104_Heni Hernawati.pdf
Download (573kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Wadas II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional/ceramah. Desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design, populasi penelitiannya adalah seluruh kelas V SDN Wadas II. Sampel penelitiannya adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlha 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sample Random Sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas eksperimen “signifikan” dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri diperoleh rata-rata 80. Sedangkan skor kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 68,308. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu dengan nilai 3,579 > 2,06300 maka Ho diterima karena thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sesuai dengan kriteria uji-t Ho diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan metode pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Wadas II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Pembelajaran Inkuiri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 09:44 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 09:44 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/285 |