Mutma'inah, Afiyana (2022) Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Belanja Online Pada Remaja di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 1. File Judul-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (474kB)
![2. File Abstrak-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (446kB)
![3. Daftar Isi-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (402kB)
![4. BAB_I-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 4. BAB_I-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (453kB)
![5. BAB_II-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 5. BAB_II-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
![6. BAB_III-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 6. BAB_III-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (516kB)
![7. BAB_IV-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
![8. BAB_V-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 8. BAB_V-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (408kB)
![9. Daftar Pustaka-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Download (388kB)
![11. Lampiran-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf [thumbnail of 11. Lampiran-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran-220081-18416273201160-Afiyana Mutma'inah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Di era serba digital ini masyarakat semakin gemar untuk melakukan hal-hal yang mudah, seperti melakukan aktivitas belanja online. Pembelian impulsif merupakan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar baik oleh laki-laki ataupun perempuan. Kelompok remaja yang berusia 18-21 tahun merupakan kelompok usia yang memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian impulsif dibandingkan dengan kelompok usia lainnya, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan pembelian impulsif belanja online pada remaja di Karawang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Skala dalam penelitian yaitu skala konformitas teman sebaya yang berjumlah 42 aitem instrumen skala kecenderungan pembelian impulsif yang berjumlah 23 aitem. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen belanja online yang berusia 18-21 tahun di Karawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode kuota sampling, proses analisis dibantu dengan SPSS 25 for windows. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 385 orang. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi sederhana pada variabel konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan pembelian impulsif dengan hasil Sig. 0,005 < 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan pembelian impulsif belanja online pada remaja di Karawang. Pada penelitian ini diketahui R square sebesar 0,123 yang berarti bahwa ada pengaruh yang disumbangkan oleh variabel konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan pembelian impulsif sebesar 12,3% (R = 0,123) dan 87,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci: Konformitas Teman Sebaya, Kecenderungan Pembelian Impulsif, Konsumen Belanja Online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:10 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:10 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2835 |