Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Kelas Sepuluh di SMKN 1 Karawang

Rumanti, Gina Kania (2022) Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Kelas Sepuluh di SMKN 1 Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
1. File Judul-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
2. File Abstrak-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
3. Daftar Isi-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 4. BAB_I-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
4. BAB_I-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 5. BAB_II-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
5. BAB_II-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of 6. BAB_III-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
6. BAB_III-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
7. BAB_IV-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of 8. BAB_V-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
8. BAB_V-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
9. Daftar Pustaka-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 11. Lampiran-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf] Text
11. Lampiran-220019-18416273201154-Gina Kania Rumanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)

Abstract

Menyelesaikan berbagai tugas akademik merupakan tuntutan dan tanggung jawab seorang siswa. Namun, tidak sedikit siswa khususnya kelas sepuluh mengalami stres akademik karena ketidakmampuannya dalam menghadapi berbagai tuntutan akademik. Hal ini disebabkan karena siswa kelas sepuluh merupakan siswa yang mengalami masa peralihan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), sehingga siswa masih belum terbiasa dengan mata pelajaran yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Stres akademik dapat diminimalisir apabila siswa memiliki kemampuan self regulated learning, yaitu siswa dapat mengatur dan menyusun strategi kegiatan belajarnya dengan baik sehingga mampu menghadapi berbagai tuntutan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap stres akademik pada siswa kelas sepuluh di SMKN 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa skala self regulated learning dan skala stres akademik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dalam bentuk sampling kuota, sehingga dari 861 populasi yang terdiri dari siswa kelas sepuluh terdapat 265 siswa yang menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis (regresi linear sederhana) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya H_a diterima dan H_o ditolak dengan nilai R square sebesar 0.282, yaitu ada pengaruh self regulated learning terhadap stres akademik pada siswa kelas sepuluh di SMKN 1 Karawang sebesar 28.2%.
Kata kunci: Siswa SMK, Self Regulated Learning, Stres Akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:29
Last Modified: 15 Jan 2025 07:29
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item
View Item