Marsalina, Mira (2022) Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Belanja Online di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 1. File Judul-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (465kB)
![2. File Abstrak-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (433kB)
![3. Daftar Isi-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (419kB)
![4. BAB_I-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 4. BAB_I-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (453kB)
![5. BAB_II-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 5. BAB_II-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
![6. BAB_III-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 6. BAB_III-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (512kB)
![7. BAB_IV-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (565kB)
![8. BAB_V-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 8. BAB_V-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (410kB)
![9. Daftar Pustaka-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Download (440kB)
![11. Lampiran-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf [thumbnail of 11. Lampiran-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran-220012-18416273201169-Mira Marsalina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (975kB)
Abstract
Kecenderungan pembelian impulsif adalah suatu fenomena yang dialami oleh konsumen belanja online seiring dengan kemajuan teknologi. Konsumen belanja online yang memiliki kecenderungan pembelian impulsif kurang mampu menahan keinginan untuk berbelanja karena kurangnya regulasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif pada konsumen belanja online di Karawang. Hipotesis penelitian ini menunjukkan ada pengaruh negatif regulasi diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif konsumen belanja online di Karawang. Subjek dalam penelitian ini merupakan konsumen belanja online yang berusia 18 hingga 25 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala regulasi diri dan kecenderungan pembelian impulsif. Skala regulasi diri disusun berdasarkan tiga aspek yaitu metakognitif, motivasi, dan perilaku, yang terdiri dari 18 aitem. Skala kecenderungan pembelian impulsif disusun berdasarkan dua aspek yaitu kognitif dan afektif, yang terdiri dari 12 aitem. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik kuota sampling. Kuota sampling merupakan teknik sampel berdasarkan kuota. Sampel berjumlah 384 individu yang menjadi responden (63 laki-laki dan 321 perempuan). Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kesimpulan Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya bahwa ada pengaruh regulasi diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif pada konsumen belanja online di Karawang. Koefisien regresi menunjukkan hasil sebesar – 0,360 yang artinya pengaruh regulasi diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif bersifat negatif. Besaran pengaruh regulasi diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif sebanyak 12,9% dan 87,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar regulasi diri.
Kata Kunci: Kecenderungan Pembelian Impulsif, Regulasi Diri, Konsumen Belanja Online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:34 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2724 |