Irfan, Mohammad (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Matriks SWOT dan AHP (Studi Kasus di CV Cahaya Aqiqah). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 1. Judul_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (541kB)
![2. Abstrak_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (419kB)
![3. Daftar Isi_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (421kB)
![4. BAB I_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (475kB)
![5. BAB II_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (739kB)
![6. BAB III_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (512kB)
![7. BAB IV_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (803kB)
![8. BAB V_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (419kB)
![9. Daftar Pustaka_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Download (417kB)
![10. Lampiran_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220068_18416226201323_Mohammad Irfan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (802kB)
Abstract
CV Cahaya Aqiqah adalah suatu usaha yang bergerak di bidang kuliner (catering dan aqiqah). Permasalahan yang terjadi karena dampak pandemi COVID-19 mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat yang mengakibatkan permintaan pasar menurun dan sulit untuk dikembangkan. CV Cahaya Aqiqah mengalami penurunan pada penjualan tahun 2020-2021 disebabkan promosi yang kurang maksimal di masa pandemi untuk itu perlu dilakukan analisis SWOT dan AHP. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan usaha di masa pandemik dengan menggunakan analisis SWOT dan AHP. Perhitungan peneliti menggunakan bantuan Software Microsoft Office Excel dalam pengolahan data. Analisis data Matriks IE (InternalEksternal) pada hasil skor matriks yang diperoleh CV Cahaya Aqiqah berada dalam sel kuadran I strategi Agresif yang artinya dalam posisi bertumbuh dan berkembang. Analisis matriks SWOT diperoleh berdasarkan matriks IFE, EFE,IE yang kemudian dilakukan pencocokan antara strategi SO,WO,ST,WT Skor TAS (Total Attractive Score) QSPM tertinggi yaitu WO1 (6,11) yaitu memiliki media promosi yang tepat, S02 (5,85), membuat konten yang menarik melalui media online dan bekerjasama media besar/ influencer untuk branding dan WT2 (5,72), pembuatan SOP standar penyajian makanan yang baik dan benar, khususnya dimasa pandemi. Hasil AHP (Analytical Hierarchy Process) perhitungan bobot kriteria dan data awal diperoleh data alternatif (A1) yaitu instagram sebagai rangking eigen vektor keputusan tertinggi sebesar 0,6285 dengan total persentasi 62%, whatsapp sebesar 0,216 dengan total persentasi 28%, brosur sebesar 0,154
total persentasi 10%.
Kata kunci : AHP, IE, QSPM, SWOT, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:58 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:58 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2665 |