Widiawati, Ira (2022) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Sukaharja II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. File Judul_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 01. File Judul_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. File Judul_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (450kB)
![02. file Abstrak_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 02. file Abstrak_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. file Abstrak_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (431kB)
![03. Daftar Isi_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (415kB)
![04. Bab I_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 04. Bab I_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. Bab I_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (450kB)
![05. Bab II_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 05. Bab II_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. Bab II_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
![06. Bab III_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 06. Bab III_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. Bab III_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (563kB)
![07. Bab IV_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 07. Bab IV_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. Bab IV_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
![08. Bab V_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 08. Bab V_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. Bab V_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (391kB)
![09. Daftar Pustaka_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Download (419kB)
![10. Lampiran_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220073_18416286206025_Ira Widiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (632kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji lebih dalam dan mendeskripsikan pengaruh metode diskusi pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV di SD Negeri Sukaharja II. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experiment. Penelitian ini akan menciptakan percobaan penerapan dan tanpa penerapan metode diskusi dalam pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri Sukaharja II. Guru dan Penulis saling bekerjasama untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. dokumentasi dan test. Hasil penelitian berdasarkan, hasil uji t yang telah dilakukan, diperoleh thitung = 7,195 sedangkan ttabel dengan df (35+35=70) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,666 dengan demikian thitung > ttabel (7,195>1,666) yang berarti hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SD kelas 4 di SDN Sukaharja II Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode diskusi telah meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas 4 dan siswa lebih antusias dalam memberikan pemahaman berfikir untuk memecahkan suatu masalah. Kata Kunci: Metode Diskusi, Kemampuan Berpikir, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:28 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:28 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2626 |