Ramadhan, Anisa Nurul (2022) Analisis Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Pada Kelas V di SD Kartika (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas V SD Sartika Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (441kB)
![2. ABSTRAK_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (438kB)
![3. DAFTAR ISI_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (409kB)
![4. BAB I_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (423kB)
![5. BAB II_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB)
![6. BAB III_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (473kB)
![7. BAB IV_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
![8. BAB V_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (402kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Download (416kB)
![10. LAMPIRAN_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220067_18416286206091_Anisa Nurul Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (795kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada kelas V di SD SARTIKA Kecamatan Kotabaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD SARTIKA Kecamatan Kotabaru yang berjumlah 17 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA tentang materi suhu dan kalor telah dilakukan secara 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama, peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada guru wali kelas. Kemudian pada pertemuan kedua peneliti melakukan praktikum percobaan metode eksperimen di dalam kelas kepada siswa tengtang materi jenis-jenis perpindahan kalor. Ada beberapa kendala yang didapatkan pada pembelajaran IPA di SD SARTIKA khususnya pada materi suhu dan kalor yaitu : siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa sulit memahami materi karena membutuhkan bukti yang konkrit, Cara yang dapat ditempuh untuk solusi masalah ini adalah guru menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran di dalam kelas Hal inilah yang dapat dilakukan oleh guru kepada peserta didik agar peserta didik mudah memahami dan menangkap pembelajaran yang diberikan dan di jelaskan oleh gurunya dan supaya nilai ulangan harian peserta didik pada pembelajaran IPA dapat melebihi KKM. Kata Kunci: Metode eksperimen, pembelajaran IPA, kelas V
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:18 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:18 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2610 |