Tokan, Oktaviana Gebe (2022) Analisis Regulasi Emosi Pada Siswa Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa Kelas I SDS Rachmani Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (482kB)
![2. ABSTRAK_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (422kB)
![3. DAFTAR ISI_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (400kB)
![4. BAB I_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (451kB)
![5. BAB II_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
![6. BAB III_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (466kB)
![7. BAB IV_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
![8. BAB V_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (413kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Download (418kB)
![10. LAMPIRAN_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220054_18416286206073_Oktaviana Gebe Tokan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (660kB)
Abstract
Siswa sekolah dasar memiliki karakter maupun regulasi emosi yang berbeda-beda. Peneliti menemukan permasalahan mengenai regulasi emosi pada siswa yang memiliki tingkah laku hiperaktif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi pada siswa tersebut dalam pembelajaran di sekolah, dan peran guru dalam mengatasi masalah regulasi emosi pada siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode berupa studi kasus yang dilakukan pada siswa berinisial CY di kelas 1 SDS Rachmani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Observasi menggunkan alat pengumpulan data yakni catatan lapangan, serta wawancara dilakukan kepada guru kelas, orang tua siswa CY dan teman-teman siswa CY. Sedangkan angket ditujukan kepada guru kelas dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru dalam menangani regulasi emosi pada siswa tersebut selama proses pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian, regulasi emosi pada siswa tersebut tidak seperti dengan siswa lain pada umurnya. Regulasi emosi yang dimiliki terkadang ditunjukkan dalam waktu dan situasi yang tidak tepat, dan menyebabkan suasana kelas menjadi tidak kondusif. Selain memiliki regulasi emosi yang tidak tepat, siswa tersebut juga memiliki tingkah laku hiperaktif yang sulit dikendalikan serta tidak fokus saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Regulasi emosi, siswa hiperaktif, proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:09 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:09 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2593 |