Koriban, Korri (2022) Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Matematika (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 3 SDN Kondangjaya 1). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. JUDUL_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (440kB)
2. ABSTRAK_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (431kB)
3. DAFTAR ISI_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (404kB)
4. BAB I_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (435kB)
5. BAB II_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
6. BAB III_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (476kB)
7. BAB IV_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
8. BAB V_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (391kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Download (417kB)
10. LAMPIRAN_220052_18416286206116_Korri Koriban.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung matematika pada siswa kelas 3 SDN Kondangjaya 1. Penelitian ini tergolong ke dalam Penelitian Quasi Ekperimen. Penelitian ini akan menciptakan percobaan penerapan dan tanpa penerapan metode Jarimatika dalam pelajaran berhitung matematika kelas 3 SDN Kondangjaya 1. Guru dan Penulis saling bekerjasama untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. dokumentasi dan test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data observasi dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukan, terdapat perbedaan antara penggunaan metode jarimatika dengan tanpa metode jarimatika. Dengan dibuktikan dari hasil pengujian uji “t” diperoleh thitung = 6,73 sedangkan ttabel dengan df 50 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,71008. Dengan demikian thitung > ttabel (6,73>1,71008) yang berarti hipotesis kerja (Ho) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan antara penggunaan metode jarimatika dengan tanpa menggunakan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung matematika kelas 3 di SDN Kondangjaya 1. Hal ini terbukti penggunaan metode jarimatika telah meningkatkan keterampilan berhitung siswa dan siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Keterampilan Berhitung, Matematika
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Repository UBP Karawang |
| Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:07 |
| Last Modified: | 15 Jan 2025 03:07 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2591 |
