Sapitri, Lusiyana (2022) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Kedawung I Lemahabang Karawang Tahun Pelajaran 2022-2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (442kB)
![2. ABSTRAK_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (441kB)
![3. DAFTAR ISI_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (431kB)
![4. BAB I_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (445kB)
![5. BAB II_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
![6. BAB III_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (504kB)
![7. BAB IV_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
![8. BAB V_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (410kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Download (418kB)
![10. LAMPIRAN_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220050_18416286206012_Lusiyana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis IPA sekolah dasar di SDN Kedawung I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pre eksperimental desain dengan menggunakan tipe One Grup pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cilewo III sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal essai sebanyak 15 butir yang diuji cobakan, setelah melalukan uji validitas terdapat 10 soal dinyatakan valid. Hasil dari uji realibilitas diperoleh ri sebesar 0,60. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis IPA sekolah dasar. Hasil perhitungan uji deskriptif diperoleh hasil rata-rata pretest 38,64 dan hasil rata-rata posttest 86,52. Pada perhitungan uji hipotesis menggunakan perhitunan paired sampel test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya nilai 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis IPA sekolah dasar. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:03 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:03 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2579 |