PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK (VAK) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Pucung IV Desa Pucung Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2022/2023)

Rahmawati, Ria (2022) PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK (VAK) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Pucung IV Desa Pucung Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
1. JUDUL_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
2. ABSTRAK_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4. BAB I_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
4. BAB I_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 5. BAB II_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
5. BAB II_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of 6. BAB III_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
6. BAB III_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
7. BAB IV_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of 8. BAB V_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
8. BAB V_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf] Text
10. LAMPIRAN_220039_18416286206043_Ria Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model visual, auditorial, dan kinestetik (VAK) terhadap pemahaman konsep IPA sekolah dasar di SDN Pucung IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pre eksperimental desain dengan menggunakan tipe One Grup pretest-posttest.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pucung IV sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal multiple choice sebanyak 25 butir yang diuji cobakan, setelah melalukan uji validitas terdapat 18 soal dinyatakan valid. Hasil dari uji realibilitas diperoleh ri sebesar 0,71. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh model visual, auditorial, kinestetik (VAK) terhadap pemahaman konsep IPA sekolah dasar. Hasil perhitungan uji deskriptif diperoleh hasil rata-rata pretest 62,42 dan hasil rata-rata posttest 77,11. Pada perhitungan uji hipotesis menggunakan perhitunan paired sampel test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya nilai 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model visual, auditorial, kinestetik (VAK) terhadap pemahaman konsep IPA sekolah dasar. Kata kunci: Model visual, auditorial, dan kinestetik (VAK), pemahaman konsep IPA, IPA sekolah dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:46
Last Modified: 15 Jan 2025 02:46
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item
View Item