ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kasus Kualitatif pada Siswa Kelas II SDN Karangligar III Tahun Pelajaran 2021/2022)

Listia, Della (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kasus Kualitatif pada Siswa Kelas II SDN Karangligar III Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. file judul_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
1. file judul_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 2. file abstrak_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
2. file abstrak_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
3. Abstrak_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 4. BAB I_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
4. BAB I_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 5. BAB II_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
5. BAB II_220014_18416286206108_Della Listia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of 6. BAB III_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
6. BAB III_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
7. BAB IV_220014_18416286206108_Della Listia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of 8. BAB V_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
8. BAB V_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_220014_18416286206108_Della Listia.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_220014_18416286206108_Della Listia.pdf] Text
10. LAMPIRAN_220014_18416286206108_Della Listia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)

Abstract

Menulis permulaan tidak semudah yang terlihat, karena pada menulis permulaan banyak siswa yang mengalami hambatan dan sekolah belum mengatasi terhambatnya keterampilan menulis siswa. Peneliti meneliti tentang faktor penghambat keterampilan menulis untuk menentukan langkah yang tepat agar cara penanganannya juga tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat keterampilan menulis siswa. Jenis penenlitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan wawancara dari kelima responden dan juga hasil observasi di sekolah mengenai keadaan dan kondisi peserta didik tersebut menunjukan akan kondisi siswa yang mengalami hambatan dalam menulis memang butuh pengawasan dan bimbingan lagi untuk menyadarkan siswa akan gangguan menulis yang dialaminya. peserta didik yang mengalami hambatan menulis di kelas II SDN Larangligar III ini mayoritas jatuh kepada gangguan prilaku dan gangguan persepsi dan dapat simpulkan bahwa faktor yang menghambar keterampilan menulis permulaan sisiwa adalah gangguan persepsi dan gangguan perilaku. Dalam penelitian ini peneliti ingin memberi saran kepada pihak sekolah agar selalu memberikan perhatian kepada peserta didik yang dinilai kurang dalam menulis, perhatian khusus itu penting agar peserta didik dapat bersaing dengan peserta didik lainnya dan tidak tertinggal. Kata kunci : menulis permulaan, Katerampilan sisiwa, faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 14 Jan 2025 09:55
Last Modified: 14 Jan 2025 09:55
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item
View Item