Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Desa Bengle Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022)

Febriansyah, Fajar (2022) Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Desa Bengle Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
1. FILE JUDUL_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
4. BAB_I_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
5. BAB_II_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
6. BAB_III_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
7. BAB_IV_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
8. BAB_V_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf] Text
10. LAMPIRAN_220008_18416286206126_Fajar Febriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan apakah terdapat perbedaan self efficacy siswa kelas IV yang menggunakan model flipped classroom dengan yang tidak menggunakan model flipped classroom pada pembelajaran tatap muka terbatas di MI Ar Rahmah Desa Bengle Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Ar Rahmah pada semester II tahun pelajaran 2021/2022 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive sehingga didapatkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self efficacy siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji data Independent samples t-test dengan bantuan program SPSS v.25. Hasil dari uji validitas angket self efficacy siswa diperoleh 20 butir instrument yang dinyatakan valid dari 30 butir instrument. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,60. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 2,807 lebih besar dari pada t-tabel 1,699 dan signifikansi 2-tailed 0.007 < 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai t-hitung positif menunjukan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan self efficacy siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model flipped classroom dengan self efficacy siswa yang tidak menggunakan model flipped classroom. Kata kunci : Flipped classroom, Self efficacy, Pembelajaran tatap muka terbatas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 14 Jan 2025 09:54
Last Modified: 14 Jan 2025 09:54
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item
View Item