Hasanah, Isma Uswatun (2022) Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Ppkn. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (603kB)
![2. ABSTRAK_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (438kB)
![3. DAFTAR ISI_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (416kB)
![4. BAB I_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (460kB)
![5. BAB II_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
![6. BAB III_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (451kB)
![7. BAB IV_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
![8. BAB V_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (410kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Download (426kB)
![10. LAMPIRAN_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220008_18416287205051_Isma Uswatun Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya problematika dalam dunia pendidikan. Dimana peserta didik dianggap kurang tanggap dan kurang terampil dalam pemecahan suatu masalah, sosial, proses dan sistem karena pengaruh yang diberikan dari adanya perubahan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini dianggap sebagai suatu ancaman dan tantangan bagi ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Dari permasalahan ini upaya yang dilakukan Kemendikbud adalah memperkenalkan Program Sekolah Penggerak yang menjunjung tinggi pendidikan karakter yang dikemas dalam Profil Pelajar Pancasila. Dengan begitu, dengan upaya Kemendikbud tersebut, SMA Negeri 1 Cikampek ikut serta dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila disekolahnya. Dan untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila ialah tugas mata pelajaran PPKn yang dapat dilakukan dalam proses pembelajarannya. Sehingga yang dapat dilakukan guru PPKn dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran PPKn yaitu dengan menggunakan metode habituasi. Habituasi tersebut dilakukan oleh guru PPKn diimplementasikan dalam bentuk kegiatan dan aturan selama proses pembelajaran PPKn berlangsung. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan urutan analisis reduksi data, penyajian data, kemudian memberikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang penulis dapati yaitu habituasi Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran PPKn dapat memperkuat keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Sebab habituasi yang diterapkan selama proses pembelajaran PPKn dapat mencerminkan keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila serta dapat dijalani peserta didik dan guru dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang didapati, peniliti memberi beberapa saran untuk sekolah, guru PPKn, siswa, orangtua dan peneliti selanjutnya untuk terus mengembangkan penanaman Profil Pelajar Pancasila sehingga nantinya menjadi pembelajar sepanjang hayat yang berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.
Kata kunci: Habituasi, Profil Pelajar Pancasila, PPKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 08:15 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:26 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2440 |