Pengaruh Penilaian Psikomotor Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa

Kardina, Fani (2022) Pengaruh Penilaian Psikomotor Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
1. JUDUL_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
2. ABSTRAK_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 5. BAB II_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
5. BAB II_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of 6. BAB III_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
6. BAB III_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
7. BAB IV_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[thumbnail of 8. BAB V_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
8. BAB V_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf] Text
10. LAMPIRAN_220006_18416287205045_Fani Kardina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar penilaian keterampilan siswa pada mata pelajaran PPKn sulit terkontrol oleh guru dan kurang efektif dalam proses pembelajaran yang bersifat daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 481 siswa dengan jumlah sampel 218 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan tahapan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi linear sederhana. Tahapan uji hipotesis dengan uji determinasi, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa, (thitung= 17,362 > ttabel= 1,970; nilai signifikansi= 0,000 < nilai alpha= 0,05) maka Hα diterima sedangkan Ho ditolak, dan presentase tingkat pengaruh penilaian psikomotor terhadap pembentukan participatory skills siswa sebesar 58,3%. Rekomendasi penelitian ini yaitu siswa lebih aktif dalam berpartisipasi saat proses pembelajaran dengan harapan dapat mengeksplor pengalaman keterampilan belajarnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan guru diharapkan dapat memberikan apresiasi segala bentuk kompetensi yang dimiliki oleh siswa termasuk dalam keterampilan partisipasi siswa.

Kata kunci: Penilaian psikomotor, participatory skills siswa, PPKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:02
Last Modified: 13 Jan 2025 08:29
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item
View Item