Ariyanto, Dwi Ajimas (2022) PENGARUH APLIKASI TELEGRAM PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC INTELLIGENCE SISWA. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 1. COVER_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (451kB)
![2. ABSTRAK_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (430kB)
![3. DAFTAR ISI_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (415kB)
![4. BAB I_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (457kB)
![5. BAB II_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
![6. BAB III_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (467kB)
![7. BAB IV_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB)
![8. BAB V_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (414kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Download (427kB)
![10. LAMPIRAN_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220004_18416287205017_Dwi Ajimas Ariyanto.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh aplikasi telegram terhadap perkembangan civic intelligence siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur. Populasi penelitian berjumlah 481 siswa dengan jumlah sampel 218 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data metode survey. Teknik analisa data menggunakan uji instrumen, pengumpulan data, menganalisa data, dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif, sebab aplikasi telegram dapat mempengaruhi civic intelligence siswa pada keterampilan intelektual, emosional, dan spiritual yang signifikan sebesar 63,2%. Hal ini menyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar sebaik-baiknya menggunakan bantuan aplikasi telegram dengan harapan mampu memotivasi diri dan mengeksplor pengetahuan serta pengalaman baru dan pemangku kebijakan selalu mengapresiasi segala bentuk potensi siswa sehingga perkembangan civic intelligence yang dimiliki semakin meningkat.
Kata Kunci: Aplikasi Telegram, PPKn, dan Civic intelligence.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:30 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2334 |