Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Desa Karawang Kulon di SDN Karawang Kulon II Tahun Pelajaran 2020/2021)

Rokayah, Rokayah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Desa Karawang Kulon di SDN Karawang Kulon II Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1.File Judul_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
1.File Judul_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
2. File Abstrak_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
3. Daftar Isi_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 4. BAB I_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
4. BAB I_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 5. BAB II_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
5. BAB II_210073_16416286206079_Rokayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of 6. BAB III_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
6. BAB III_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
7. BAB IV_210073_16416286206079_Rokayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of 8. BAB V_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
8. BAB V_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210073_16416286206079_Rokayah.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN_210073_16416286206079_Rokayah.pdf] Text
11. LAMPIRAN_210073_16416286206079_Rokayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA pada materi organ gerak hewan siswa kelas V Desa Karawang Kulon di SDN Karawang Kulon II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Karawang Kulon II. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32. Teknik pengumpulan data melalui tes berupa soal pilihan ganda. Hasil uji validitas tes soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA materi organ gerak hewan diperoleh 12 butir soal yang menyatakan valid dari 20 butir soal yang diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan statistik. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa taraf signifikansi yang diperoleh 0,029 < � 0,05. Sehingga H0 ditolak hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA pada materi organ gerak hewan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA materi organ gerak hewan pada siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pemahaman Konsep, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:32
Last Modified: 10 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item
View Item