Nurlatifah, Erika Fikti (2021) Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Karawang Wetan II Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. cover_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (554kB)
2. Abstrack_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (437kB)
3. Daftar Isi_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (411kB)
4. BAB I_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (452kB)
5. BAB II_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
6. BAB III_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (446kB)
7. BAB IV_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
8. BAB V_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (416kB)
9. Daftar Pustaka_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Download (426kB)
10. Lampiran_210061_17416286206092_Erika Fikti Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (929kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar dan faktor pendorong serta penghambat keaktifan belajar siswa kelas IV selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Karawang Wetan II, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini 20 siswa dan 1 guru. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karawang Wetan II termasuk dalam kategori kurang aktif. Hal ini berdasarkan perhitungan persentase dari empat indikator yang menunjukkan bahwa indikator antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring sebesar 37%, indikator interaksi siswa dengan guru sebesar 38%, indikator mengerjakan soal dan tugas sebesar 40% dan indikator aktivitas siswa dalam kelompok sebesar 39%. Adapun faktor pendorong keaktifan belajar siswa adalah motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, serta faktor penghambat keaktifan belajar siswa yaitu tidak memiliki Handphone dan adanya gangguan dari teman sebaya.
Kata kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Repository UBP Karawang |
| Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:28 |
| Last Modified: | 10 Jan 2025 07:28 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2175 |
