Octaviani, Onih Dwi (2021) Analisis Keterampilan Sosial Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V SDN Pangulah Utara Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1.File Judul_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 1.File Judul_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1.File Judul_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (1MB)
![2.File Abstrak_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 2.File Abstrak_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2.File Abstrak_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (314kB)
![3.Daftar Isi_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 3.Daftar Isi_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.Daftar Isi_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (476kB)
![4.Bab_I_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 4.Bab_I_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4.Bab_I_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (977kB)
![5.Bab_II_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 5.Bab_II_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5.Bab_II_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![6.Bab_III_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 6.Bab_III_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6.Bab_III_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (1MB)
![7.Bab_IV_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 7.Bab_IV_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7.Bab_IV_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![8.Bab_V_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 8.Bab_V_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8.Bab_V_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (300kB)
![9.Daftar Pustaka_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 9.Daftar Pustaka_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9.Daftar Pustaka_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Download (407kB)
![10.Lampiran_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf [thumbnail of 10.Lampiran_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10.Lampiran_210048_16416286206132_Onih Dwi Octaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pada ini dilaksanakan di SDN Pangulah Utara Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang, yang merupakan salah satu instansi Sekolah Dasar (SD) yang menerapkan Kurikulum 2013. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah: Guru dan 4 siswa SDN Pangulah Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menganalisis hasil pengamatan siswa, dan wawancara dengan guru kelas V di SDN Pangulah Utara mengenai aspek kerjasama dalam keterampilan sosial siswa. Dari hasil observasi, wawancara dan pengamatan siswa yang menunjukkan bahwa siswa berani menyampaikan pendapatnya. Bukti dari pernyataan tersebut adalah ketika guru meminta siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya, semua siswa bersedia menjadi wakil dari kelompoknya masing-masing untuk menyampaikan pendapatnya. Berdasarkan kemampuan membentuk dan memelihara kelangsungan kelompok siswa sudah sesuai dengan aspek kerjasama, hal ini didukung oleh adanya siswa yang sangat aktif dalam kegiatan kerja kelompok dengan temannya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya keterkaitan antara keterampilan sosial siswa dengan keterampilan guru dalam mengajar. hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan keterampilan sosial adalah kurangnya sarana prasarana atau media pembelajaran yang mendukung. Adapun manfaat yang didapat yaitu menumbuhkan rasa percaya diri siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mengoptimalkan keterampilan dalam bersosialisasi.
Kata Kunci : Keterampilan sosial, Kerjasama
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2168 |