Pebriani, Khapita (2021) Analisis Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V SDN Pancakarya I Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (898kB)
![2. ABSTRAK_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (308kB)
![3. DAFTAR ISI_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (1MB)
![4. bab 1_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 4. bab 1_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. bab 1_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (1MB)
![5. bab 2_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 5. bab 2_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. bab 2_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![6. bab 3_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 6. bab 3_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. bab 3_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (2MB)
![7. bab 4_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 7. bab 4_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. bab 4_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![8. bab 5_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 8. bab 5_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. bab 5_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (584kB)
![9. daftar pustaka_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 9. daftar pustaka_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. daftar pustaka_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Download (296kB)
![10. lampiran_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 10. lampiran_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. lampiran_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![11. ARTIKEL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf [thumbnail of 11. ARTIKEL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. ARTIKEL_210044_17416286206010_Khapita Pebriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di SDN Pancakarya I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 orang tua siswa, 3 orang siswa kelas V serta guru kelas V SDN Pancakarya I. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan daftar ceklis, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan pada penelitian ini reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua kelas V merasa kesulitan pada membimbing anaknya dalam pembelajaran daring karena tingkatan pembelajaran semakin sulit sehingga orang tua sangat terkendala dalam menjelaskannya kepada anak, anak yang tidak paham dan meminta bantuan orang tua untuk mengajarkannya karena orang tua mejadi tutor dalam pembelajaran daring namun orang tua juga memiliki kendala dalam menyampaikan penjelasan kepada anak karena tidak paham sehingga orang tua juga tidak dapat menciptakan susasan yang kreatif untuk membantu menyapaikan penjelasaan materi agar siswa dapat paham terhadap materi yang dijelaskan.Adapun yang harus diupayakan oleh orang tua dalam pembelajaran daring agar anak tidak jenuh dalam kegiatan belajaran orang tua selalu membelikan buku bacaan kepada anak yang menarik minatereka dalam belajar, orang tua menambah wawasan dalam pembelajaran agar lebih mudah dalam membimbing anaknya belajar,menciptakan pembelajaran yang kongkrit dan juga melibatkan benda-benda di sekitar sehingga proses belajar lebih menarik dan juga perlunya kerjasama yang baik antara orang tua dan juga guru.
Kata Kunci : peran orang tua, pembelajaran daring COVID-19
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:24 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:24 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2164 |