Setianingsih, Reni (2021) Analisis Tingkat Pemahaman Matematika Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Pasirmulya II Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 1. COVER_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (1MB)
![2. ABSTRAK_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (364kB)
![3. DAFTAR ISI_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (358kB)
![4. BAB 1_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 4. BAB 1_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB 1_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (1MB)
![5. BAB II_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![6. BAB III_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (1MB)
![7. BAB IV_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![8. BAB V_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (300kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Download (437kB)
![10. LAMPIRAN_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
![11. Artikel_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf [thumbnail of 11. Artikel_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Artikel_210035_17416286206124_Reni Setianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pandemi telah berdampak pada berbagai bidang di dunia, salah satunya bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran yang biasanya tatap muka secara langsung sekarang menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Pada pembelajaran daring siswa merasa kurang memahami pembelajaran dan materi yang disampaikan, khususnya pada pelajaran matematika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pembelajaran matematika dalam pembelajaran daring siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmulya II Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, dan responden dari wawancara yaitu 1 guru wali kelas IV, 3 siswa dan 3 orangtua siswa. Penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri Pasirmulya II Karawang, dari bulang maret – juli 2021. Berdasarkan analisis hasil penelitian, analisis tingkat pemahaman pembelajaran matematika dalam pembelajaran daring siswa kelas IV sekolah dasar beragam, ada 7 siswa dengan kemampuan pemahaman tinggi, 13 siswa kemapuan pemahaman sedang dan 5 siswa kemampuan pemahaman rendah. Berdasarkan analisis persentase siswa kategori tingkat tinggi yaitu 28 %, siswa kategori tingkat sedang yaitu 52 %, dan siswa kategori tingkat rendah yaitu 20 %.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Pemahaman Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:15 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:15 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2118 |