Analisis Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita SDN Kalangsari 1 Pada Masa Pandemi COVID-19

Ratnasari, Desi (2021) Analisis Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita SDN Kalangsari 1 Pada Masa Pandemi COVID-19. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1 COVER_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
1 COVER_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
2 ABSTRAK_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
3 DAFTAR ISI_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 4 BAB I_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
4 BAB I_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5 BAB II_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
5 BAB II_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 6 BAB III_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
6 BAB III_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7 BAB IV_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
7 BAB IV_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8 BAB V_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
8 BAB V_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR PUSTAKA_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
9 DAFTAR PUSTAKA_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 10 LAMPIRAN_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf] Text
10 LAMPIRAN_210032_17416286206088_Desi Ratnasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita SDN Kalangsari I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II, orangtua, serta anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Pada penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan kejadian yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan observasi pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam adalah triangulasi Data dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dihasilkan adalah data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran yang tidak membebankan bagi peserta didik inklusi, memberikan motivasi dan pujian agar menambah rasa ingin tahu dan gairah belajar, menggunakan metode ceramah dan penugasan yang cocok bagi karakteristik peserta didik inklusi tunagrahita, penggunaan media yang menarik perhatian anak serta berkomunikasi lebih sering dengan anak berkebutuhan khusus tersebut yang membuat anak tersebut semangat dalam belajar dirumah.

Kata Kunci: Pembelajaran Inklusi, ABK Tunagrahita, Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:12
Last Modified: 10 Jan 2025 04:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item
View Item