Nuraini, Nuraini (2021) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Tunas Dharma Karawang Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (505kB)
![2. File Abstrak_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (435kB)
![3. Daftar Isi_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (414kB)
![4. BAB_I_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (453kB)
![5. BAB_II_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
![6. BAB_III_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (499kB)
![7. BAB_IV_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB)
![8. BAB_V_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (400kB)
![9. Daftar Pustaka_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Download (427kB)
![10. Lampiran_210047_17416273201159_Nuraini.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210047_17416273201159_Nuraini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210047_17416273201159_Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia melahirkan sejumlah kebijakan, salah satunya adalah pembelajaran daring. Seluruh jenjang pendidikan mengalami hal tersebut, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini akan difokuskan pada SMP Tunas Dharma yang berada di Kabupaten Karawang, dimana dari hasil pra-penelitian diektahui bahwa terjadi penurunan motivasi belajar selama proses pembelajaran daring berlangsung. Dikarenakan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah, dimana interaksi siswa paling banyak dilakukan dengan keluarga sehingga peran dukungan keluarga sangatlah penting. Dukungan keluarga memiliki hubungan dengan tingkat motivasi belajar siswa, hal ini didukung dengan sejumlah penelitian terdahulu. Oleh sebabitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dukungan keluarga berhubungan dengan motivasi belajar. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Tunas Dharma sebanyak 192 siswa, dengan jumlah sampel berdasarkan tabel Isaac dan Michael sebanyak 123 orang yang nantinya sampel ini akan dihimpun menggunakan teknik kuota sampling. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment diperolah nilai pearson correlation sebesar 0.626 (p>0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signitifkan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar, sekaligus menjawab hipotesis penelitian ini dimana Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci : pandemi Covid-19, Siswa SMP, pembelajaran daring, dukungan keluarga, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 09:05 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 09:05 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1698 |