Nadzilah, Hikmatun (2021) Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas II SDN Ciwaringin I Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1.File Judul_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 1.File Judul_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1.File Judul_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (516kB)
![2. File Abstrak_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (424kB)
![3. Daftar Isi_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (388kB)
![4. BAB_I_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (427kB)
![5. BAB_II_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
![6. BAB_III_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (493kB)
![7. BAB_IV_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
![8. BAB_V_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (399kB)
![9. Daftar Pustaka_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Download (417kB)
![10. Lampiran_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210053_17416286206109_Hikmatun Nadzilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (949kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) terhadap keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN Ciwaringin I. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan pendekatan ekperimen. Metode penelitian yang digunakan Pre eksperimental design dengan tipe One Grup pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Ciwaringin I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS). Pada pengukuran awal keterampilan menulis permulaan sebelum diberikan perlakuan menunjukan kategori sangat rendah mencapai 50%, kategori rendah mencapai 45%, kategori sedang mencapai
5%, jumlah kategori baik dan sangat baik mencapai 0%. Sedangkan, sesudah diberikan
perlakuan kategori sangat baik mencapai 40%, kategori baik mencapai 50%, kategori sedang mencapai 5%, kategori rendah mencapai 5% dan kategori sangat rendah mencapai
0%. Hal ini menunjukan bahwa ada suatu peningkatan jumlah presentase keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas II sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Berdasarkan uji paired sample t-test diketahui nilai hitung t Hitung =15,9 > t Tabel = 2,09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain bahwa ada perbedaan nilai rata-rata hasil pretest dan hasil posttest yang artinya ada pengaruh dalam menerapkan metode struktural analitik sintetik terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II SDN Ciwaringin 1.
Kata Kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik, Keterampilan menulis permulaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 08:43 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 08:43 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1666 |