Nuroktaviani, Intan Fajriyanti (2021) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKN Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMK Texmaco Karawang (Studi Survey Terhadap Siswa Kelas XII Elektro 2 SMK Texmaco Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (2MB)
![2. File Abstrak_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (295kB)
![3. Daftar Isi_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (816kB)
![4. BAB I_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (1MB)
![5. BAB II_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![6. BAB III_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (1MB)
![7. BAB IV_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![8. BAB V_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (363kB)
![9. Daftar Pustaka_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Download (259kB)
![10. Artikel_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 10. Artikel_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Artikel_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![11. Lampiran_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_210022_17416287205041_Intan Fajriyanti Nuroktaviani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan Pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus memiliki kompetensi untuk dapat mengajar sesuai dengan yang diharapkan, salah satunya yaitu kompetensi pedagogic. Namun masuknya virus covid-19 ke Indonesia ini tentu saja akan mempengaruhi kualitas pembelajaran. Siswa dan guru yang sebelumnya berinteraksi langsung di dalam kelas kini harus berinteraksi dalam ruang virtual yang terbatas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi guru mempengaruhi motivasi siswa selama pembelajaran daring. (2) Ingin mengetahui adakah pembelajaran online selama pandemic covid-19 akan mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Tekhnik pengumpulan data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dari angket dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebanyak 57 responden menyatakan kompetensi pedagogik guru berada pada kategori tinggi dengan frekuensi 80,7%. Artinya, guru dalam proses pembelajaran mencapai efisiensi yang maksimal seperti yang diharapkan. (2) Motivasi belajar siswa dimasa pandemic covid-19 pada SMK Texmaco Karawang yang dilihat dari hasil penilaian sebanyak 57 responden berada pada kategori tinggi yakni sebanyak 86.0%. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa masih termotivasi untuk belajar meskipun pembelajaran secara daring dalam keadaan pandemic covid-19.
Kata Kunci: Covid-19, Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:08 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:08 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1657 |