Yulianti, Yulianti (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKN Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 RengasdengklokTahun Pelajaran 2020/2021. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 1. Judul_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (1MB)
![2. Abstrak_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (364kB)
![3. DAFTAR ISI_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (351kB)
![4. BAB I_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (1MB)
![5. BAB II_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![6. BAB III_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (4MB)
![7. BAB IV_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![8. BAB V_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (877kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Download (812kB)
![10. Artikel_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 10. Artikel_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Artikel_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![11. LAMPIRAN_210021_17416287205006_Yulianti.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_210021_17416287205006_Yulianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_210021_17416287205006_Yulianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreatifitas belajar siswa. Keaktifan belajar merupakan unsur dasar yang penting untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi dengan adanya pandemic covid-19 saat ini proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (online). Dengan diterapkannya pembelajaran daring keaktifan belajar siswa menurun dan kurang optimal hal ini berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian terkait Pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran PPKn jurusan teknik kendaraan ringan SMKN 1 Rengasdengklok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Peneliti menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, Uji Normalitas, Uji linearitas dan Uji Heteroskedastisitas. Dilanjutkan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana, uji-T dan uji-F. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring pada siswa jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Rrengasdengklok sebesar 41,3% atau berada pada kategori sedang dan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar Siswa mata pelajaran PPKn, karena nilai Thitung > Ttabel atau 13,869 > 1,982. Dan besarnya pengaruh adalah 64,3% atau dalam tabel interpretasi koefisien berada dalam kategori kuat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa tetap disiplin, memiliki motivasi dan rasa tanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan media dan metode pembelajaran agar tujuan belajar tercapai.
Kata kunci : Pembelajaran daring, Keaktifan belajar siswa, mata pelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:07 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:07 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1655 |