Almah, Almah (2021) Pengaruh Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMP Negeri 2 Pebayuran. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Cover_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 1. Cover_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Cover_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (516kB)
![2. Abstrak_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (454kB)
![3. Daftar Isi_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (407kB)
![4. BAB I_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (474kB)
![5. BAB II_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210017_17416287205015_Almah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
![6. BAB III_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (523kB)
![7. BAB IV_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210017_17416287205015_Almah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (681kB)
![8. BAB V_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (408kB)
![9. Daftar Pustaka_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210017_17416287205015_Almah.pdf
Download (419kB)
![10. LAMPIRAN_210017_17416287205015_Almah.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_210017_17416287205015_Almah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_210017_17416287205015_Almah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (707kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pebayuran tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pebayuran yang berjumlah 270 orang siswa sedangakn sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 orang siswa dengan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan yaitu sebesar 5% teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik dengan bantuan aplikasi spss versi 24. Berdasarkan hasil uji signifikansi (uji t) dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu 0.000 atau 0.000 < 0,05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak artinya variabel whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y). Hasil uji t juga dapat diperkuat dengan membadingkan nilai t hitung dengan t tabel. Berdasarkan hasil yang sudah dianalisis bahwa t hitung > t tabel yaitu 7,212 > 1,980 yang memiliki arti bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn (Y). Hasil-hasil dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dijadikan acuan bagi guru untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran agar motivasi siswa dalam belajar semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis Model Summary diketahui bahwa nilai persentase (R Square) sebesar 0,343 atau 34,3% yang mengandung arti bahwa pengaruh whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh (X) terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar 34,3% dan 65,7% dipengaruhi variabel lain.
Kata Kunci : Whatsapp, Motivasi Belajar, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:04 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:04 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1647 |