pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 10 SMAN 1 Klari di Kabupaten Karawang

Ramadhan, Aditya Nur (2021) pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 10 SMAN 1 Klari di Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
1. JUDUL_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
2. ABSTRAK_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4. BAB I_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
4. BAB I_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5. BAB II_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
5. BAB II_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of 6. BAB III_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
6. BAB III_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
7. BAB IV_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[thumbnail of 8. BAB V_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
8. BAB V_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210038_17416273201058_Aditya Nur Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar yakni hasil dari suatu aktivitas belajar, oleh karena itu adalah bagian dari sebuah hasil yang dicapai siswa. Salah satu faktor yang berperan dalam menentukan tinggi dan rendahnya suatu prestasi belajar berkaitan dengan self regulated learning pada diri siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 270 responden dengan taraf kesalahan 5% yang dijadikan acuan oleh peneliti berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Berdasarkan tabel tersebut diketahui jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 152 responden. Metode dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan jenis quota sampling dan pengambilan data menggunakan skala. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan program statistical package for the social science. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diketahui nilai signifikan 0.020 < 0.050 dan diperoleh persamaan regresi sederhana dengan nilai kostanta (B) sebesar 65.728 dan nilai self regulated learning (B) sebesar 0.122. Diketahui persamaan regresi Y = a +bX atau Y = 65.728 + 0.122X, artinya jika self regulated learning mengalami kenaikan sebesar 1 maka prestasi belajar meningkat, sehingga didapati hasil 65.850. Koefisien bernilai positif artinya ada pengaruh yang positif self regulated learning terhadap prestasi belajar. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi dengan nilai R square sebesar 3.5% maka diketahui besarnya pengaruh self regulated learning sebesar 3.5% sedangkan sisanya 96.5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut hipotesis dalam penelitian ini yakni Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar pada siswa kelas 10 SMAN 1 Klari di Kabupaten Karawang.
Kata kunci: Self Regulated Learning, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 02 Jan 2025 10:02
Last Modified: 02 Jan 2025 10:02
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item
View Item