Widiati, Trias (2021) Pengaruh Efikasi Diri Akademik Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Kelas XII SMAN 1 CImalaka Sumedang Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (472kB)
![2. File Abstrak_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (431kB)
![3. Daftar Isi_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (388kB)
![4. BAB I_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (476kB)
![5. BAB II_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
![6. BAB III_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (506kB)
![7. BAB IV_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (549kB)
![8. BAB V_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (414kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Download (424kB)
![10. Lampiran_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210025_17416273201099_Trias Widiati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
Abstract
Siswa di SMA Negeri 1 Cimalaka Sumedang tengah berada dalam kesulitan menghadapi tantangan aktivitas belajarnya setelah kebijakan pemerintah terkait pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kesulitan yang sering muncul dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Cimalaka adalah kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru, keterbatasan sinyal, kuota serta perangkat untuk belajar siswa, sehingga hal itu membuat siswa sulit memahami atau melakukan pekerjaan sekolah dengan baik, kurang memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas yang akhirnya berdampak pada kecemasan akan hasil belajarnya. Resiliensi akademik diperlukan selama pembelajaran daring ini agar siswa memiliki kemampuan yang mencerminkan ketangguhan dan kekuatan dalam menghadapi, mengatasi, serta beradaptasi ketika menghadapi berbagai permasalahan, rintangan dan hambatan yang menyerang dirinya. Siswa juga perlu memiliki efikasi diri akademik yang baik sehingga siswa memiliki keyakinan akan kemampuannya untuk menyelesaikan tugas-tugas akademiknya dengan target hasil dan waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh antara efikasi diri akademik terhadap resiliensi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik yang digunakan adalah sampel kuota sebanyak 183 dari jumlah populasi 338. Pengambilan data menggunakan dua skala likert yaitu skala efikasi diri akademik dan skala resiliensi akademik. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa efikasi diri akademik berpengaruh secara signifikan terhadap resiliensi akademik, sehingga semakin tinggi efikasi diri akademik siswa maka akan semakin tinggi pula resiliensi akademiknya dengan nilai pengaruh sebesar 77.2%
Kata Kunci: Efikasi Diri Akademik, Resiliensi Akademik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 07:39 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:39 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1601 |