Safitri, Gita Nur (2021) Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 3 Karawang di Masa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (457kB)
![2. File Abstrak_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (445kB)
![3. Daftar Isi_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (430kB)
![4. BAB_I_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (469kB)
![5. BAB_II_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
![6. BAB_III_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (520kB)
![7. BAB_IV_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB)
![8. BAB_V_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (412kB)
![9. Daftar Pustaka_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Download (435kB)
![10. Lampiran_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210015_17416273201090_Gita Nur Safitri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (884kB)
Abstract
Dengan merebaknya wabah Covid-19 secara tiba-tiba maka sekolah menerapkan sistem pembelajaran baru yaitu pembelajaran online. Salah satu tuntutan baru yang dialami beberapa peserta didik yaitu kesulitan dalam menjalani kelas online. Self regulated learning adalah strategi belajar yang mampu membuat siswa mandiri dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajar mereka. Dengan demikian, strategi pembelajaran yang diatur sendiri dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan mandiri sehingga memiliki prestasi belajar yang optimal. Prestasi belajar merupakan suatu hasil dari proses belajar siswa yang dituangkan dalam bentuk nilai. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa merupakan hasil kemampuan siswa dalam mempelajari suatu mata pelajaran, tidak terkecuali matematika. Oleh karena itu dengan adanya self regulated learning yang tinggi, akan mampu mengatur sendiri kegiatan belajarnya sehingga dapat mencapai prestasi yang tinggi dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 527 responden dengan sampel berjumlah 205 responden menggunakan rumus Issac dan Michael dengan taraf signifikasi 5%. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuota. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana self regulated learning dan prestasi belajar matematika terdapat pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai Sig. 0,035<0,05 Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai koefisien determinasi sebesar 2,2%, sehingga semakin tinggi self-regulated learning maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh, sebaliknya semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah pula prestasi belajar yang diperoleh siswa.
Kata kunci: Self Regulated Learning, Prestasi Belajar Matematika, Siswa SMK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 07:00 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:00 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1561 |