Peran Guru PPKN Dalam Pembelajaran Daring di Kelas VII SMP PGRI Pangkalan Kecamatan Tegalwaru

Nanita, Nanita (2021) Peran Guru PPKN Dalam Pembelajaran Daring di Kelas VII SMP PGRI Pangkalan Kecamatan Tegalwaru. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
1. COVER_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
2. ABSTRAK_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
3. Daftar Isi_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4. BAB 1_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
4. BAB 1_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 5. BAB 2_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
5. BAB 2_210002_17416287205029_Nanita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of 6. BAB 3_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
6. BAB 3_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 7. BAB 4_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
7. BAB 4_210002_17416287205029_Nanita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of 8. BAB 5_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
8. BAB 5_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210002_17416287205029_Nanita.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210002_17416287205029_Nanita.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210002_17416287205029_Nanita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru PPKn sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring di kelas VII SMP PGRI Pangkalan. Bertujuan menjelaskan bagaimana peran guru PPKn yang didasarkan pada empat permasalahan yaitu merencanakan pembelajaran daring, melaksanakan pembelajaran daring, guru melaksanakan evaluator, dan hambatan guru PPKn dalam melaksanakan peran dalam pembelajaran daring. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Kemudian, diuji keabsahan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam merencanakan guru tidak lepas dengan perencanaan dalam RPP yaitu dengan membuat RPP daring, mempersiapkan materi pembelajaran, menentukan menentukan aplikasi yang tersedia untuk semua siswa, dan,menentukan jenis media pembelajaran. Dalam melaksanakan peran guru tidak lepas dari melaksanakan perencanaan yang telah dibuatnya dalam RPP, adapun pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan langkah-langkah kegiatan dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian, guru PPKn melaksanakan peran evaluator terlihat bahwa guru PPKn memberikan dampak yang positif dimana siswa dapat memberikan partisipasi belajar yang baik dan merespon kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir. Adapun hambatan guru PPKn dalam melaksanakan peran yaitu hambatan dalam menyediakan elemen pembelajaran diantaranya menyediakan media pembelajaran, menyediakan sumber belajar, menyediakan bahan ajar, dan, menyediakan materi pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa peran guru PPKn dalam pembelajaran daring sangat dibutuhkan dan memberikan pengaruh pada partisipasi belajar.

Kata Kunci: Guru Fasilitator, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 02 Jan 2025 09:58
Last Modified: 02 Jan 2025 09:58
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item
View Item