Dewi, Melinda (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Palumbonsari IV Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (548kB)
![2. FILE ABSTRAK_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (428kB)
![3. FILE DAFTAR ISI_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 3. FILE DAFTAR ISI_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. FILE DAFTAR ISI_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (421kB)
![4. FILE BAB I_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 4. FILE BAB I_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. FILE BAB I_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (451kB)
![5. FILE BAB II_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 5. FILE BAB II_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. FILE BAB II_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB)
![6. FILE BAB III_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 6. FILE BAB III_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. FILE BAB III_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (508kB)
![7. FILE BAB IV_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 7. FILE BAB IV_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. FILE BAB IV_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
![8. FILE BAB V_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 8. FILE BAB V_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. FILE BAB V_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (391kB)
![9. FILE DAFTAR PUSTAKA_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 9. FILE DAFTAR PUSTAKA_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. FILE DAFTAR PUSTAKA_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Download (412kB)
![10.FILE LAMPIRAN_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf [thumbnail of 10.FILE LAMPIRAN_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10.FILE LAMPIRAN_200060_16416286206113_Melinda Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe make a match Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar SDN Palumbonsari IV, yang beralamat di Jl. Karees Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur berjumlah 15 siswa. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design, dimana kelas VB menjadi kelas eksperimen yang terlebih dulu diberi soal pretest kemudian diberi treatment dan diberi soal protest masing-masing sebanyak 5 butir soal yang sudah di uji validitas. Hasil dari uji coba tersebut terdapat 5 soal valid dari 15 soal yang di uji cobakan, selanjutnya dihitung uji reliabilitas dengan hasil 0,74. Berdasarkan data yang diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 40,00 dan posttest sebesar 72,00 terbukti nilai posttest lebih tinggi karena sudah diberikan treatment. Kemudian pada uji Paired Simple Test nilai pretest dan posttest sebesar 5,527 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000 ≤ 0.05 dengan n = 15 yang artinya menunjukan H1 ditolak jadi terbukti bahwa adanya pengaruh model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V SDN Palumbonsari IV Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Cooperative Learning, Make A, Match dan Kemampuan Berhitung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 09:14 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 09:14 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1323 |