Ernawati, Ernawati (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Menulis Laporan Pengamatan (Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas III SDN Cengkong IV Kecamatan Purwasari Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (429kB)
![2. ABSTRAK_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (431kB)
![3. DAFTAR ISI_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (403kB)
![4.BAB I_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 4.BAB I_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4.BAB I_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (435kB)
![5. BAB II_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (534kB)
![6. BAB III_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (482kB)
![7. BAB IV_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (715kB)
![8. BAB V_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (403kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Download (426kB)
![10. LAMPIRAN_200051_16416286206101_Ernawati.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_200051_16416286206101_Ernawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_200051_16416286206101_Ernawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan di SD Negeri Cengkong IV Desa Cengkong Kecamatan Purwasari. Penelitian ini menjelaskan Kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas III di SD Negeri Cengkong IV yang berjumlah 30 siswa dan 1 guru. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes siswa dalam menulis laporan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas III adalah sebesar 56 dengan kategori rendah. Indikator tertinggi adalah menyusun tahapan dengan runtut sebesar 70% dengan penulisan yang kurang efektif. Dan indikator terendah adalah penggunaan huruf kapital dan tanda baca sebesar 38%. 2) kendala yang dihadapi siswa dalam berpikir kritis pada menulis laporan pengamatan adalah siswa kesulitan dalam menulis dan membuat laporan hasil pengamatannya melalui gambar yang disajikan karena siswa cenderung melaporkan apa yang dilihatnya saja tanpa harus mendeskripsikan hasil pengamatannya secara detail. Siswa juga mengaku bahwa kebingungan dalam membuat kata-kata untuk dituangkan sehingga laporan yang ditulis memang runtut namun tidak bisa mengembangkan kata-kata menjadi kalimat efektif.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, keterampilan menulis laporan pengamatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 09:10 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 09:10 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1315 |