Yanti, Chintya Dwi (2020) Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Kelas IV SDN Tanjung Mekar II Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (571kB)
![2. ABSRTAK_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 2. ABSRTAK_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSRTAK_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (408kB)
![3.DAFTAR ISI_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 3.DAFTAR ISI_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.DAFTAR ISI_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (381kB)
![4.BAB I_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 4.BAB I_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4.BAB I_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (448kB)
![5.BAB II_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 5.BAB II_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5.BAB II_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB)
![6.BAB III_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 6.BAB III_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6.BAB III_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (520kB)
![7.BAB IV_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 7.BAB IV_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7.BAB IV_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
![8.BAB V_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 8.BAB V_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8.BAB V_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (404kB)
![9.DAFTAR PUSTAKA_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 9.DAFTAR PUSTAKA_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9.DAFTAR PUSTAKA_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Download (404kB)
![10.LAMPIRAN_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf [thumbnail of 10.LAMPIRAN_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10.LAMPIRAN_200046_16416286206014_Chintya Dwi Yanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca pada siswa sekolah dasar kelas IV di SD Negeri Tanjung Mekar II. Penelitian ini menjelaskan kemampuan membaca pemahaman, kesulitan yang dihadapi siswa pada saat membaca dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan dua siswa kelas IV di SD Negeri Tanjung Mekar II. Objek penelitian difokuskan pada kegiatan membaca pada saat pembelajaran. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan siswa di kelas IV SD Negeri Tanjung Mekar II, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan dengan benar namun ketika guru mengulang pertanyaan, menyederhanakan pertanyaan atau kalimat yang diberikan dan siswa mengulang kembali bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan guru meskipun jawaban yang diberikannya tidak maksimal. Kemampuan menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki oleh siswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai. Kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada siswa tergolong dalam kategori cukup, dikarenakan hanya sebagian isi bacaan yang mampu diceritakan siswa. Usaha guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca siswa di kelas IV SD Negeri Tanjung Mekar II adalah guru melakukan berbagai latihan dan penugasan, diskusi berkelompok, mencari materi dari internet dan diberi gambar menarik yang sesuai dengan bacaan dan memberikan keterangan pada setiap gambar agar siswa mudah dalam memahami bacaan dan dapat menangkap makna.
Kata kunci: Kesulitan Membaca Pemahaman, Siswa sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 09:02 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 09:02 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1310 |