Matahelumual, Teresia Johan (2020) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep KPK Dan FPB Siswa kelas IV Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SD BPK Penabur Rengasdengklok Tahun Ajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 1. File Judul_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (557kB)
![2. File Abstrak_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (458kB)
![3. Daftar Isi_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (422kB)
![4. BAB_I_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (452kB)
![5. BAB_II_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
![6. BAB_III_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (482kB)
![7. BAB_IV_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB_V_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (407kB)
![9. Daftar Pustaka_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Download (421kB)
![10. Lampiran_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_200037_16416286206068_Teresia Johan Matahelumual.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan KPK dan FPB, faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman konsep KPK dan FPB serta upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh guru agar dapat meningkatkan pemahaman konsep KPK dan FPB pada siswa kelas IV SD BPK PENABUR Rengasdengklok Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep KPK dan FPB siswa cukup rendah dalam 3 indikator, yaitu 53% siswa mampu memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep yang telah dipelajari, 65% siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, dan 59% siswa mampu mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Hal tersebut dipengaruhi oleh 3 faktor. Pertama, berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, yaitu: 1) sebagian besar siswa lupa dengan konsep yang sudah diajarkan, 2) siswa tidak memahami soal, 3) siswa keliru dalam menerapkan konsep yang telah dipelajari atau miskonsepsi. Kedua, berdasarkan faktor internal, yaitu: 1) siswa merasa tidak mampu memahami materi dalam matematika sehingga mengalami kesulitan belajar, 2) siswa kurang memiliki motivasi belajar. Ketiga, berdasarkan faktor eksternal, yaitu: 1) keluarga tidak bisa mendampingi saat belajar di rumah, 2) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Upaya guru dan sekolah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan cara: 1) guru mengulang-ulang materi pembelajaran, 2) guru menggunakan media congklak, dan 3) sekolah membuat program kelas khusus untuk membimbing siswa yang tidak mencapai KKM.
Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, KPK, FPB
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1301 |