Badriani, Pini (2020) Implementasi Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SDN Walahar 01 Tahun Ajaran 2019-2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (536kB)
![2. FILE ABSTRAK_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (432kB)
![3. FILE DAFTAR ISI_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 3. FILE DAFTAR ISI_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. FILE DAFTAR ISI_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (396kB)
![4. BAB I_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (452kB)
![5. BAB II_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
![6. BAB III_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (440kB)
![7. BAB IV_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
![8. BAB V_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (394kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Download (407kB)
![10. LAMPIRAN_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_200036_16416286206098_Pini Badriani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peranan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 di SDN Walahar 01 dusun Jatimulya Desa Walahar Kecamatan Klari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah beberapa guru, siswa kelas II B dan siswa kelas V B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari beberapa guru di SDN walahar 01, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan di SDN Walahar 01 sudah dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya guru menggunakan bahasa Indonesia baik didalam maupun diluar kelas. Bahkan, selama proses pembelajaran berlangsung, guru berusaha mengarahkan peserta didik untuk selalu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia, meskipun masih ada beberapa guru yang terpaksa mengulang dan mengulas kembali materi menggunakan bahasa daerah saat peserta didik tidak memahami materi yang disampaikan. Peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan pada kurikulum 2013 juga diimplementasikan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berusaha mengintegrasikan antar KD, tema, maupun mata pelajaran pada saat proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah membaca bahan ajar yang akan disampaikan, menelaah RPP, menyiapkan media pembelajaran, dan mengikuti langkah-langkah yang ada pada buku guru. Selain itu, peranan Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan juga dimaksimalkan oleh guru-guru SDN Walahar 01 dengan berupaya membangun tahapan demi tahapan pembelajaran berbasis teks. Baik itu tahap membangun konteks, pemodelan teks, membangun teks bersama, atau pun tahap membangun teks mandiri. Sehingga, peserta didik di SDN Walahar 01 sudah menunjukkan kemampuan dalam pembelajaran berbasis teks.
Kata kunci : implementasi, Bahasa Indonesia, kurikulum 2013, penghela ilmu pengetahuan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:50 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:50 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1299 |