Rhismadea, Glenda (2020) Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perspektif Heuristik Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V Semester 1 SDN Pinayungan I Telukjambe Timur). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. JUDUL_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (395kB)
2. ABSTRAK_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (423kB)
3. DAFTAR ISI_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (406kB)
4. BAB I_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (463kB)
5. BAB II_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
6. BAB III_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (455kB)
7. BAB IV_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (718kB)
8. BAB V_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (413kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Download (415kB)
10. LAMPIRAN_200025_16416286206126_Glenda Rhismadea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal yang bervariasi sehingga peneliti tertarik untuk meneliti gambaran strategi yang digunakan siswa serta faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan pemecahan. Penelitian ini dilakukan secara daring mengingat situasi selama pasca pandemik. Subyek penelitian dilakukan pada kelas V di SDN Pinayungan 1 sebanyak 5 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini berupa: (1) Pola strategi heuristik yang muncul dalam penyelesaian siswa hanya delapan strategi yang muncul yaitu memilih notasi yang efektif, menuliskan kalimat terbuka, mengidentifkasi informasi yang diinginkan, act it out, membuat tabel, mencari pola,membuat gambar, menbak dan menguji; (2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam pemecahan masalah ialah siswa tidak mampu membaca makna dari soal tersebut, kurangnya pengetahuan tentang strategi, kesalahan perhitungan, kurangnya pengetahuan bahasa, konseptual, dan strategi.
Kata Kunci :, Strategi Heuristik, Pemecahan Masalah Matematik,Siswa Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Repository UBP Karawang |
| Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:58 |
| Last Modified: | 30 Dec 2024 06:58 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1260 |
