Suhimo, Suhimo (2020) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Peningkatan Partisipasi Pembelajaran PPKn (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 1. COVER_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (321kB)
![2. ABSTRAK_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (591kB)
![3. DAFTAR ISI_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (589kB)
![4. BAB I_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 4. BAB I_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (635kB)
![5. BAB II_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 5. BAB II_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (739kB)
![6. BAB III_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 6. BAB III_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (645kB)
![7. BAB IV_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
![8. BAB V_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 8. BAB V_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (599kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Download (618kB)
![10. LAMPIRAN_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_PPKN_200010_16416287205055_Suhimo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X SMAN 1 Lemahabang untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara, dokumentasi, observasi, dan triangulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Wakasek kurikulum, serta 3 orang siswa dari kelas X SMAN 1 Lemahabang. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Perencanaan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran PPKn harus direncanakan dengan sangat matang. Guru mepersiapkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran PPKn cukup menarik dan mudah, karena disini guru hanya sebagi motivator dan fasilitator dalam proses pembelajaran, Hasil pembelajaran dengan diterapkanya model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran PPKn dapat dikatakan cukup baik secara individu maupun kelompok. Sebab model pembelajaran ini sangat berpengaruh, karena dengan diterapkanya model pembelajaran ini siswa menjadi terbiasa untuk aktif ketika peroses pembelajaran. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi Pertama, pihak sekolah sebagai pembuat kebijakan diharapkan mendukung guru ketika akan menerapkan model pembelajaran discovery learning saat proses belajar mengajar. Kedua, pihak sekolah harus menyediakan sarana prasaran berupa sumber belajar agar pembelajaran dapat tercapai. Ketiga, guru hendaknya melakukan pendekatan kepada siswa yang belum siap belajar dengan cara memberikan arahan dan motivasi belajar agar siswa siap mengikuti pembelajaran.
Kata kunci: perencanaan discovery learning, pelaksanaan discovery learning, peningkatan partisipasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:15 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:15 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/744 |