Rano, Rano (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar PPKN Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Miftahul Huda Tegalwaru Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 1. Judul_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (235kB)
![2. Abstrak_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (605kB)
![3. Daftar Isi_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (594kB)
![4. BAB_I_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (613kB)
![5. BAB_II_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB)
![6. BAB_III_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (757kB)
![7. BAB_IV_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Restricted to Registered users only
Download (730kB)
![8. BAB_V_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (584kB)
![9. Daftar Pustaka_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Download (594kB)
![10. Lampiran_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_PPKN_200006_16416287205047_Rano.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Tegalwaru Karawang melalui perbedaan motivasi yang dihasilkan siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran TPS, dan perbedaan motivasi siswa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Tegalwaru Karawang yang bejumlah 9 kelas. Dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas anggota populasi, maka didapatkan sampel sebanyak 44 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui anget motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistic paired sampel test dan independent sampel test. Hasil pengujian hipotesis, ada perbedaan motivasi antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran TPS, dan ada perbedaan motivasi belajar antara yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS. Hal ini dibuktikan dengan output paired sampel test dengan nilai Sig.(2tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dan output independent sampel test dengan nilai Sig.(2tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Tegalwaru Karawang. Berikut rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu, penelitian tentang pengaruh model pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan motivasi belajar PPKn siswa di kelas VIII MTs Miftahul Huda Tegalwaru Karawang. Untuk itu kepada para guru yang mengalami peristiwa serupa pada kelas yang diajarnya disarankan untuk menggunakan model pembelajaran TPS ini.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran PPKn, Think Pair Share.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:06 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:06 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/730 |