Apriliani, Resha Sapti (2020) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa XI SMK Negeri 2 Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 1. File Judul_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (217kB)
![2. Abstrak_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (586kB)
![3. Daftar Isi_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (588kB)
![4. Bab I_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 4. Bab I_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Bab I_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (603kB)
![5. BAB II_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (662kB)
![6. BAB III_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (607kB)
![7. BAB IV_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (719kB)
![8. BAB V_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (591kB)
![9. Daftar Pustaka_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Download (607kB)
![10. Lampiran_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_PPKN_200001_16416287205007_Resha Sapti Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (883kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa dengan diterapkannya model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PPKn dan tiga orang siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PPKn telah melaksanakan model kooperatif tipe jigsaw. Meskipun terdapat beberapa hambatan salah satunya yaitu terbatasnya sumber belajar, akan tetapi secara keseluruhan dalam pelaksanaanya sudah berjalan dengan baik, guru mampu mengelola dan memberi arahan sehingga dalam pelaksanaanya suasana kelas menjadi lebih aktif, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada siswa yang pasif. Pada saat kegiatan diskusi berlangsung siswa maupun siswi ikut terlibat dalam kegiatan diskusi, mampu bekerja sama dan saling bertukar fikiran serta mempunyai keberanian untuk mengemukakan pendapatnya.
Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, PPKn, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:00 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:00 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/718 |