Fardiani, Eulis Sopia (2019) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Decision Making Pda Mata Pelajaran PPKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 2 Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (837kB)
![2. ABSTRAK_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (581kB)
![4. BAB I_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 4. BAB I_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (646kB)
![5. BAB II_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (837kB)
![6. BAB III_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (691kB)
![7. BAB IV_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB V_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (588kB)
![9. Daftar Pustaka_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_190002_15416287205020_Eulis Sopia Fardiani.pdf
Download (614kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Karawang mengalami kesulitan dalam berpikir kritis yang meliputi mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, menyimpulkan, dan mengambil keputusan yang tepat terhadap alternatif penyelesaian masalah dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Karawang pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Decision Making. Pengggunaan model pembelajaran ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Karawang pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan guru di dalam kelasnya sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan menganalisis kasus-kasus ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhineka Tungga Ika. Observasi dan wawancara menggunakan format observasi dan format wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Decision Making dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn. Dari nilai rata-rata kelas pra tindakan 28.76, menjadi 49.41 pada siklus I, 67.53 pada siklus II, dan 91.79 pada siklus III.
Kata Kunci : Berpikir Kritis dan Pembelajaran Decision Making
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 08:17 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 08:17 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/709 |