Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SD negeri Lemahabang III di Kecamatan Lemahabang Tahun Ajara 2018/2019

Agustien, Julia (2019) Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SD negeri Lemahabang III di Kecamatan Lemahabang Tahun Ajara 2018/2019. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1.File Judul_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
1.File Judul_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 2.File Abstrak_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
2.File Abstrak_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 3.BAB_I_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
3.BAB_I_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4.BAB_II_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
4.BAB_II_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5.BAB_III_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
5.BAB_III_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6.BAB_IV_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
6.BAB_IV_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 7.BAB_V_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
7.BAB_V_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA_190108_15416286206078_Julia Agustien.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian semu (squasi eksperimen). Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group desaign, kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media diorama sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok yang diberi perlakuan secara ceramah. Populasi yang digunakan adalah SD Negeri yang berada di Gugus II Kecamatan Lemahabang, dan di fokuskan pada kelas V pada tahun 2018/2019, dengan sampel penelitian kelas V SD Negeri Lemahabang III sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri Lemahmukti I sebagai kelas kontrol. Intrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA adalah dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 24,00, sedangkan pada kelas kontrol adalah 40.17 . Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan media diorama, hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa hasil belajar IPA meningkat dengan rata-rata 74.50, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 69.00. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap hasil belajar IPA. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh media diorama terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Media Diorama, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:16
Last Modified: 18 Dec 2024 08:16
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item
View Item