Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas III SDN Sukamakmur I Kec Telukjambe Timur Kab Karawang Tahun Ajaran 2018/2019)

Suryana, Nanang (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas III SDN Sukamakmur I Kec Telukjambe Timur Kab Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Judul_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
1. Judul_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
2. ABSTRAK_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
4. BAB I_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
5. BAB II_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
6. BAB III_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
7. BAB IV_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
8. BAB V_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190099_15416286206150_Nanang Suryana.pdf

Download (583kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sukamakmur (2) Untuk memaparkan cara penerapan Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sukamakmur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri I Sukamakmur. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 66 kemudian pada tes siklus pertama 68,6; menjadi 79 pada siklus kedua, (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 66%; dan pada tes siklus pertama 68,6%; kemudian pada siklus kedua menjadi 79%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada siswa kelas III SD Negeri I Sukamakmur Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 09:39
Last Modified: 17 Dec 2024 09:39
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item
View Item