Nurhanifah, Nurhanifah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cintawargi I KEcamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 1. File Judul_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (717kB)
![2.. ABSTRAK_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 2.. ABSTRAK_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2.. ABSTRAK_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (606kB)
![4. BAB I_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 4. BAB I_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (632kB)
![5. BAB II_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 5. BAB II_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB)
![6. BAB III_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 6. BAB III_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (719kB)
![7. BAB IV_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (779kB)
![8. BAB V_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (591kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_190088_15416286206142_Nurhanifah.pdf
Download (561kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Cintawargi I Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cintawargi I yang berjumlah 40 orang siswa. Dengan mengambil sampel 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan berupa tes pilihan ganda pada mata pelajaran matematika. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh 22 butir instrumen yang diujicobakan dari 30 soal. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,748. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan yang signifikan antar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika. Hal ini diperoleh thitung sebesar 3,325 > tabel = 2.000 dengan signifikansi 0,05 dan n= 40 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika memiliki hubungan yang kuat.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:50 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:50 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/679 |