Pengaruh Metode Mind Mapp Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sukamakmur I (Studi Eksperimen Pada Kelas V SD Negeri Sukamakmur 1 Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019)

Marlina, Ina (2019) Pengaruh Metode Mind Mapp Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sukamakmur I (Studi Eksperimen Pada Kelas V SD Negeri Sukamakmur 1 Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
1. JUDUL_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
2. ABSTRAK_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
4. BAB I_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
5. BAB II_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
6. BAB III_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
7. BAB IV_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
8. BAB V_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190084_15416286206033_Ina Marlina.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada mata pelajaran BPUPKI yang beralamat di Karawang Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SD Negeri Sukamakmur 1. Dengan mengambil sampel seluruh siswa/i kelas V SD Negeri Suamakmur yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui soal pilihan ganda hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini membandingkan penggunaan metode mind mapp pada hasil belajar IPS siswa dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode mind mapp. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistika uji-t Paired Samples Test. Yaitu hasil kelas eksperimen sebesar 14.009 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000 ≤ 0.05 dengan signifikans 0.05 dengan n= 20 yang artinya menunjukan hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapp pada proses hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa/i kls V SD Negeri Sukamakmur 1 memiliki hubungan yang sangat kuat.

Kata Kunci : Mind Mapp, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:35
Last Modified: 17 Dec 2024 06:35
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item
View Item