Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SD Negeri Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019)

Al'fiani, Fini (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas III SD Negeri Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
1. COVER_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
2. ABSTRAK_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
4. BAB I_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
5. BAB II_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
6. BAB III_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
7. BAB IV_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
8. BAB V_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190069_15416286206063_Fini Al'fiani.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa dalam kemampuan menulis deskripsi di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 420 orang siswa. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 42 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes menulis deskripsi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan Uji t. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menulis deskripsi siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture. Hal ini diperoleh Xhitung sebesar 10,360 ≥ Xtabel 2,051 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model cooperative learning tipe picture and picture dengan kemampuan menulis deskripsi siswa memiliki hubungan yang kuat.

Kata kunci : Cooperative learning, picture and picture, Menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:12
Last Modified: 16 Dec 2024 06:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item
View Item