Marlina, Iin (2021) Pengaruh Pembelajaran Vidio Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pedes. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. FILE COVER_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (1MB)
2. ABSTRAK_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (407kB)
3. DAFTAR ISI_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (338kB)
4. BAB I_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (528kB)
5. BAB II_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (438kB)
6. BAB III_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (624kB)
7. BAB IV_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
8. BAB V_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (221kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Download (328kB)
10. LAMPIRAN-LAMPIRAN_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. JURNAL ARTIKEL_210028_17416287205043_Iin Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (559kB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam sistem pembelajaran. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru adalah media video. Kurangnya minat belajar siswa dan daya serap terhadap materi pembelajaran khususnya terhadap mata pelajaran PPKn, memerlukan solusi yang kreatif dan inovatif untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa. Diharapkan dengan penggunaan media video dalam pembelajaran, dapat membantu meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Pedes. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis korelasional digunakan terhadap dua variabel, yaitu pembelajaran video sebagai variabel bebas (X) dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu 159 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pedes. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling, dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 114 responden. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner yang berisi sekumpulan pertanyaan. Data kemudian diolah menggunakan program SPSS (statistical program for social science), untuk selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil uji signifikansi (uji t) dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000 > 0,05 yang artinya bahwa variabel (X) yaitu media pembelajaran video berpengaruh terhadap variabel (Y) minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hasil analisis determinasi (Model Summary) menunjukan pengaruh dari media pembelajaran video dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn sebesar (R) 0,475 atau 47,5% sedangkan 65,7% bisa disebabkan oleh faktor yang belum diketahui. Berdasarkan hasil-hasil yang dicapai mengidentifikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajran PPKn di SMAN 1 Pedes.
Kata kunci: media pembelajaran, minat belajar, video
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:54 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:54 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5278 |
