Novitasari, Novitasari (2022) Analisis Kemampuan Keterampilan Kolase Dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas 1 di SDN Warungbambu I. Diploma thesis, UBP Karawang.
01 Judul_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (1MB)
02 Abstrak_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (220kB)
03 Daftar Isi_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (262kB)
04 Bab I_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (350kB)
05 Bab II_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
06 Bab III_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (246kB)
07 Bab IV_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
08 Bab V_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (221kB)
09 Daftar Pustaka_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Download (447kB)
10 Artikel_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
11 Lampiran_220094_18416286206051_Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan kolase dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada siswa kelas I di SDN Warungbambu
I. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru kelas I di SDN Warungbambu I yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan, terkait dengan penerapan, pertama Guru memberikan arahan dan tujuan terkait dengan apa itu Kolase, serta menentukan tema dengan menyesuaikan silabus yang telah dibuat. Kedua, Guru memberikan arahan terkait alat dan bahan, serta penggunaannya, khusus dedaunan tidak harus dibawa tapi dicari sesuai kebutuhan. Ketiga, Guru mempraktekan teknik kolase dengan menyesuaikan pada lingkungan alam sekitar, seperti binatang dan tumbuhan, dengan cara Guru menempelkan kerta warna dan daun kering menggunakan lem, mengikuti pola gambar yang sudah ada. Ke empat, Siswa diminta mengikuti arahan Guru dan mempraktekan guna membuat hasil karyanya sendiri, mengikuti pola gambar yang mereka pilih dan menempelkan kertas-kertas dan daun kering tersebut menggunakan lem. Pada dasarnya hal ini dapat meningkatkan kretivitas anak, secara tidak langsung bagi siswa yang serius dan mengikuti prosesnya dengan baik akan meningkatkan hasil belajar. Hal ini dilihat pada kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas di sekolah maupun di rumah yang diselesaikan dengan sendirinya, mayoritas anak mengerjakan seni rupa ini juga tanpa beban yang artinya mereka anggap hal ini adalah hal yang menyenangkan. Disisi lain, teknik kolase ini mengajarkan siswa dalam berimajinasi, misalnya mereka diminta mengikuti pola kupu-kupu maka mereka akan berimajinasi tentang bentuk dan warna kupu-kupu yang mereka lihat, selain itu hal ini juga meningkatkan sikap kesabaran dan pantang menyerah bagi mereka.
Kata kunci: Keterampilan Kolase, Media Lingkungan Sekitar, Media Belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:53 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:53 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5264 |
