Analisis Kesulitan Belajar IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V SDS Rachmani Tahun Ajaran 2021/2022)

Gahayu, Rofita (2022) Analisis Kesulitan Belajar IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V SDS Rachmani Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01 FILE JUDUL_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
01 FILE JUDUL_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 02 FILE ABSTRAK_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
02 FILE ABSTRAK_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 03 DAFTAR ISI_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
03 DAFTAR ISI_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of 04 BAB 1_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
04 BAB 1_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 05 BAB 2_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
05 BAB 2_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[thumbnail of 06 BAB 3_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
06 BAB 3_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 07 BAB 4_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
07 BAB 4_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of 08 BAB 5_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
08 BAB 5_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 09 LAMPIRAN_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
09 LAMPIRAN_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 10 ARTIKEL_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf] Text
10 ARTIKEL_220093_18416286206029_Rofita Gahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun seiring membaiknya kondisi dimasa pandemi COVID-19 pemerintah akhirnya mengizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, dalam pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan tujuannya untuk mencegah penularan virus corona. Penelitian tentang analisis kesulitan belajar IPA pada pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas V di SDS Rachmani. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi . Berjalannya proses pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan selama 2 jam. Maka dari itu waktu yang terbatas merupakan kendala bagi guru dalam pelaksanaan tatap muka terbatas, akan tetapi guru mengatasi kendala tersebut dengan memilah materi mana yang sekiranya kurang dipahami oleh siswa sebelum melakukan pembelajaran. Selain itu, disela pembelajaran guru berkeliling kesetiap meja sebagai upaya pendekatan pada siswa yang belum paham dengan materi yang disampaikan. Guru juga melakukan pendekatan teman sebaya, karena masih ada siswa yang malu bertanya kepada guru, diharapkan dengan pendekatan teman sebaya siswa dapat bertanya kepada teman yang sudah mengerti materi yang disampaikan. Setelah diberikan soal latihan atau pertanyataan, ternyata masih banyak yang belum mampu mengerjakan tugas, hal ini berdasarkan observasi dan hasil wawancara siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kesulitan belajar IPA, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:50
Last Modified: 10 Nov 2025 03:50
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item
View Item